Total Pageviews

Friday, March 25, 2011

Siapa Patut Gantikan Tamliha?

BANJARMASIN- Setelah tujuh hari jatah tim formatur membentuk kepengurusan PPP Kalsel, belum juga ada pengumuman resmi mengenai siapa saja nama-nama yang menjadi pengurus Kalsel, walaupun tim formatur sendiri mengakui bahwa kepengurusan sudah selesai dibentuk.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah PPP Kalsel siap tanpa adanya seorang Syaifullah Tamliha yang tak diragukan lagi kemampuan politiknya?
Banyak orang meragukan kemampuan pengganti Tamliha nantinya. Namun tidak begitu dengan Budi Suryadi yang merupakan pengamat sosial politik FISIPOL Unlam. Ia melihat sisi positif dari lengsernya Tamliha. Menurutnya walaupun Tamliha mundur, setidaknya ada regenerasi politik di PPP Kalsel.
“Banyak orang memang mempertanyakan apakah Tamliha bisa digantikan. Namun saya rasa dengan mundurnya Tamliha dari kepengurusan PPP Kalsel dan memilih fokus menjadi fungsionaris DPP PPP adalah langkah tepat,” ujarnya

kemarin (24/3). “Tamliha walaupun tidak mau bersusah payah menjadi rival Rudy pada muswil lalu, namun setidaknya ia menciptakan regenerasi politik di PPP Kalsel. Hal ini tentunya akan menyegarkan organisasi parpol dengan adanya keberlanjutan dalam pengelolaan PPP Kalsel,” jelasnya.
Budi juga memperhatikan bahwa adanya nama-nama yang diprediksi bakal menggantikan Tamliha setidaknya nanti harus bisa membuktikan bahwa dirinya memang layak menggantikan Tamliha, agar nantinya tidak dinilai tidak bisa seperti Tamliha.
Namun menurutnya Tamliha sendiri bukanlah orang yang mundur tanpa ada visi dibelakangnya. Ia menilai sosol Tamliha adalah seorang politisi dengan tipe striker. “Saya kira Tamliha bisa saja mempunyai sebuah tujuan yang lebih besar dengan mundurnya ia di pengurusan PPP Kalsel. Namun hal ini patut dicontoh, karena manajemen partai seperti ini yang menggunakan teknik silang, yaitu ketua tetap tapi sekretaris berganti,” imbuhnya.
“Apalagi posisi sekretaris yang bersifat teknis sangat memerlukan regenerasi dan orang baru untuk menangani pekerjaan-pekerjaan tersebut. Regenerasi ini menjadi positif saat orang-orang partai merasakan ada proses pergantian dalam menangani bidang teknis dan administrasi parpol,” tambahnya lagi.
Sebelumnya nama Asbullah disebut-sebut sudah terpilih menjadi sekretaris PPP Kalsel. Asbullah sendiri adalah nama yang tidak asing lagi di PPP Kalsel. Ia adalah wakil sekretaris PPP Kalsel saat Syaifullah Tamliha masih menjabat menjadi sekretaris PPP Kalsel.Walaupun kabar itu sudah sedemikian kencang mengabarkan bahwa 99 persen ia terpilih, Asbullah masih belum mau angkat bicara untuk mengatakan bahwa dirinya memang sudah terpilih.
“Bergantinya Syaifullah Tamliha memang ada positif dan negatifnya,. Namun yang jelas siapapun nanti yang menggantikannya harus bisa menata kelola lagi PPP Kalsel dengan baik. Walau bagaimanapun PPP Kalsel tetap memerlukan perbaikan lagi dalam tata kelola partai agar nantinya kepengurusan Rudy yang baru ini bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (mr-116)

No comments:

Post a Comment