Total Pageviews

Wednesday, June 1, 2011

SNMPTN Unlam 2011



Peserta Membludak, Kuota Hanya 1965 Mahasiswa

BANJARMASIN- Unlam mendadak penuh sesak kemarin (31/5), pasalnya banyak calon mahasiswa baru dari berbagai pelosok daerah di Kalsel dan diluar Kalsel yang berdatangan untuk mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) di Unlam. Beberapa yang dari luar Banjarmasin bahkan menginap sehari sebelum ujian dilaksanakan.
Sebelumnya pendaftaran sendiri sudah dilaksanakan mulai tanggal 2-24 Mei 2011 untuk lulusan tahun 2011. Pendaftaran bahkan sempat membludak karena minat para calon mahasiswa ternyata masih tinggi untuk memilih Unlam sebagai perguruan tinggi tampat mereka melanjutkan pendidikan. Walaupun pendafaran sudah menggunakan sistem Online, namun ujian yang dimulai pada pukul delapan tiga puluh pagi tersebut masih menggunakan lembar jawaban yang diisi dengan pensil 2B.
Salah seorang peserta SNMPTN asal Kabupaten Banjar bernama Abdul Hakim mengatakan bahwa soal SNMPTN tersebut ternyata lebih sulit dari ujian nasional. Pasalnya soal yang diujikan berbeda. Baik dari segi kualitas soal maupun tingkat kesulitannya. Kemarin ujian hari pertama yang dilaksanakan. Materi yang diujikan menyangkut tes potensi akademik SMA bidang studi dasar (IPA,IPS, dan IPC).
“Soalnya memang agak sulit dari ujian nasional ya. Jadi agak kesulitan juga saat menjawab soalnya. Masalahnya gak Cuma satu bidang aja yang diujikan, akan tetapi beragam, jadi belajarnya juga mesti ekstra sebelumnya,” kataya kepada Radar Banjarmasin.
Menurutnya ia sangat berharap bisa lulus SNMPTN dan menjadi mahasiswa Unlam. Kebetulan ia mengambil jurusan pendidikan ekonomi FKIP Unlam. Ia juga tak ingin mengecewakan orang tuanya.
“Saya sangat berharap banget bisa diterima di Unlam. Pokoknya aku kan sudah jauh-jauh dari Martapura, jadi harapannya bisa lulus lah,” tuturnya dengan semangat. Sebelumnya Kuota mahasiswa yang akan diterima oleh Unlam pada tahun 2011ini menurut kepala Biro Admistrasi dan Akademik Kemahasiswaan (BAAK) Unlam, Dra. Hj. Nor Fitriani Kusasi, sejumlah 1.965 mahasiswa untuk regular. Sedangkan jika digabung dengan jalur mandiri, maka total kuota bisa mencapai hingga 2012 mahasiswa.
Lain hal dengan Abdul Hakim, lulusan SMAN 1 Sungai Pandan bernama Melansari, asal Alabio, Kabupaten HSU yang juga peserta ujian SNMPTN mengatakan bahwa suasana ujian yang dibagi ke beberapa fakultas tersebut sangat tenang, walaupun tanpa kipas angin, apalagi pendingin ruangan.
“Alhamdulillah suasana ujian tenang, agak panas juga karena saya kebagian ruangan yang gak ada kipas angin dan pendingin ruangan,” ujarnya polos. Ujian hari ini akan digelar pada jam yang sama yaitu pukul 08.30, dengan materi ujian IPA, IPS, dan IPC. Akan tetapi bagi anda peserta ujian maupun orang tua yang ingin mengantarkan anak anda mengikuti SNMPTN, maka tak ada salahnya datang lebih awal. Pengumuman hasil SNMPTN sendiri akan diumumkan pada tanggal 30 Juni serentak di seluruh Indonesia. (mr-116)
Syam's Corner: Lalu dengan membludaknya pendaftar, harus diawasi kalau ada kecurangan. Itu nang panting>>> ya kalo,,, han,,

No comments:

Post a Comment