Total Pageviews

Thursday, June 23, 2011

Mahasiswa IAIN Antasari Gelar Kampanye



Partai Mahasiswa

BANJARMASIN- Nampaknya demam pesta demokrasi juga melanda kampus-kampus dan institut di Banjarmasin. Beberapa waktu lalu dalam kongresnya, Unlam akan melakukan pemilihan presiden BEM Unlam dengan sistem partai. Kemarin IAIN Antasari Banjarmasin juga menerapkan hal yang sama. Mereka menggelar kampanye massal di kampusnya untuk mensosialisasikan partai-partai mahasiswa.
Selain itu, ribuan mahasiswa IAIN Antasari akan berpartisipasi untuk memilih calon ketua BEM Institut mereka yang diusung minimal oleh dua partai mahasiswa. Di IAIN sendiri dari 20 partai yang ikut verifikasi hanya ada 12 partai mahasiswa yang bisa lolos. Beberapa partai diantaranya adalah partai PAS, PADM (Partai Mahasiwa Demokrasi), PAHAM (Partai Hak Asasi Mahasiswa), PMS (Partai Muslim Sejati) dan lain-lain.
Salah satu mahasiswa yang ikut dalam aksi kampanye tersebut, Laifvan Sufi Irwani mengatakan, agenda kampanye tersebut memang dilakukan jelang pemilihan orang nomor satu di BEM IAIN Antasari. Berbagai cara dilakukan, mulai dari berorasi, memasang baliho, dan menempel poster layaknya persaingan pemilu dilakukan.
“Ini memang dalam rangka jelang pemilihan ketua BEM IAIN Antasari. Kampus kami memang terbuka untuk siapa saja mahasiswa yang ingin membentuk partai. Selain untuk melatih kita untuk berorganisasi, kegiatan negatif juga bisa dikurangi,” ujarnya kepada Radar Banjarmasin kemarin (18/6).
Di beberapa titk kampus mereka menyebar brosur dan pamflet berisikan ajakan untuk memilih sebuah partai mahasiswa. Tentunya dengan visi dan misi masing-masing partai. Untuk tahun sebelumnya IAIN Antsari tidak menerapkan sistem partai ini dalam pemilihan ketua BEM. Untuk tahun ini sistem partai digunakann untuk semakin meramaikan suasana pemilu raya mahasiswa yang akan digelar pada akhir Juni ini.
“Pemira akan dilakukan pada akhir Juni, jadi suasana akan semakin ramai dengan adanya partai mahasiswa dan agenda kampanye. Sehingga ada pembelajaran berdemokrasi kepada mahasiswa,” jelasnya.
Hal yang senada juga diungkapkan oleh M. Saini dari Fakultas Tarbiyah. Menurutnya tahun ini memang agak berbeda dari sebelumnya. “Suasana kampus semakin ramai dengan adanya kampanye dari masing-masing partai mahasiwa. Jadi suasana jelang pemilihan ketua BEM IAIN Antasari semakin hidup dan menarik mahasiswa untuk ikut memilih pada pemira. Kalau saya sih gak masalah,” tandasnya.
Rencananya di IAIN Antasari juga kan diadakan pemilihan anggota legislatif yang akan duduk di Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Caleg yang maju juga harus diusung dari salah satu partai mahasiswa yang lolos verifikasi. (mr-116)

No comments:

Post a Comment